Kamis, 28 Mei 2009

Cerdas Mengajukan Gagasan


Cerdas Mengajukan Gagasan

TEC_TEHNIK.
Anda mungkin memiliki banyak gagasan untuk memperbaiki cara kerja, tetapi selalu tidak ada tindakan dari level manajemen atasan, bahkan ide Anda banyak yang ditolak atau dirintangi atasan. Anda tentu kecewa dan menggerutu dalam hati.

Masalahnya mungkin terletak pada penerimaan orang lain tentang gagasan Anda. Nah, agar gagasan bisa diterima, ikuti beberapa saran untuk mengajukan gagasan. Anda simak!

Usahakan agar gagasan itu bersifat tulus untuk kepentingan organisasi, bukan untuk kepentingan pribadi. Pikirkan berbagai aspek dan dampaknya. Misalnya, jangan sampai orang lain mencium usaha Anda sebagai upaya menjilat atasan, mencari muka, atau menendang orang lain.

Usahakan agar orang lain merasa bahwa gagasan itu hasil pikiran mereka juga. Dalam hal ini perlu banyak komunikasi dan pendekatan. Gunakan banyak pendekatan pribadi dan informal, terutama dengan atasan, sebab dia akan mau mendengar Anda. Cara menyampaikannya juga harus sopan dan tidak merendahkan dia. Intinya, usahakan agar dia dan rekan-rekan yang lain merasa ikut serta dalam gagasan itu.

Anda harus siap jika kemungkinan gagasan Anda akan diakui oleh atasan Anda sebagai gagasannya. Bersikaplah suportif, sebab dengan cara itu dia juga akan "menggunakan" Anda. Berikanlah gagasan Anda sebaik mungkin untuk mendukung atasan Anda. Barangkali itulah jenjang karir Anda sementara sebelum sampai pada yang tertinggi.

Gunakan data yang baik, obyektif, kalau bisa ada pembanding dengan organisasi lain.

Jadi, dalam organisasi, keberhasilan mengajukan gagasan baru terletak pada cara Anda menggalang kerjasama baik formal maupun informal dengan orang lain, baik itu atasan, rekan maupun bawahan Anda.

Bagaimana, Anda tertarik mencobanya atau Anda punya ide lain? Moga-moga artikel di atas bermanfaat bagi Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar